Tradisi Unik: Tanam 111 Pohon Tiap Kali Lahir Bayi Perempuan

Liputan6.com, India - Kebanyakan keluarga dar etnis manapun di dunia mengidamkan lahirnya anak laki-laki di tengah-tengah mereka. Namun, hal tersebut tak terjadi di Desa Piplantri yang terletak di negara bagian India, Rajasthan. Desa Piplantri memiliki tradisi unik untuk merayakan kelahiran anak perempuan. Sejak tahun 2006, warga desa akan menanam 111 pohon tiap kelahiran bayi perempuan.
Tradisi tersebut dimulai oleh seorang mantan kepala desa bernama Shyam Sundar Paliwal ketika dalam prosesi peringatan kematian putrinya, Kiran, yang meninggal beberapa tahun lalu sesuai yang dilansir dari laman OddityCentral, Jumat (10/4/2015).
Panitia khusus dibentuk tidak hanya menangani dalam hal penanaman pohon saja, tetapi juga mengidentifikasi keluarga yang enggan memiliki anak perempuan. Mereka kemudian mengumpulkan dana dan merencanakan kebutuhan finansial anak perempuan tersebut.
Uang sebesar USD $ 336 atau sekitar Rp 4.4 juta dari warga desa dan USD $ 160 atau sekitar Rp 2.1 juta dari ayah sang bayi, lalu menginvestasikan uang dalam obligasi pemerintah sehingga finansial anak perempuan dalam jangka waktu 20 tahun dapat terpenuhi.



Share this article :
 

Copyright © 2015. BankPohon.com - All Rights Reserved
Design by Acehadvertising.com
Published by Acehinfo.com